Halaman

Rabu, 04 September 2013

Perawatan Pasca Caesar


Tips Perawatan Pasca Caesar

Tips Perawatan Pasca Caesar

  Perawatan pasca caesar memang membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding persalinan normal. Pasca operasi caesar, Anda akan menjalani masa rawat inap bila diperlukan. Tenaga kesehatan akan rutin melakukan pengawasan terhadap kesehatan Anda, seperti memantau tekanan darah, suhu, jumlah urine yang tertampung, kondisi rahim, jumlah darah yang keluar pasca operasi, serta pemeriksaan laboratorium bila diperlukan. 
Agar perawatan pasca caesar berlangsung aman dan lancar, berikut beberapa tips yang  akan membantu Anda memulihkan kondisi kesehatan pasca operasi.
Perbanyak istirahat
Dokter biasanya akan memberi obat atau suntikan untuk mengurangi sakit sementara waktu. Dalam pembiusan lokal, Anda diharuskan berbaring selama 12-24 jam, tergantung intruksi dokter. Bila dilakukan pembiusan umum, Anda boleh bergerak kurang lebih 6 jam pasca operasi, namun efeknya Anda akan mengantuk dan rasa kering pada mulut juga bibir. Secara bertahap ibu akan pulih dan sadar kembali.
Kebutuhan makanan dan minuman tetap terpenuhi 
Untuk pemenuhan kebutuhan makanan dan minuman sementara akan diatur oleh tenaga kesehatan sesuai petunjuk ahli anastesi. Seluruh alat pencernaan akan pulih dalam waktu 12 jam setelah pembiusan. Waktu yang tepat memberikan makanan cair bertahap hingga makanan padat ditentukan oleh tenaga kesehatan. 
Pemeriksaan akan terus dilakukan, yaitu dengan memperhatikan kondisi bising usus dan tidak selalu harus buang angin. Cukupi pemenuhan kebutuhan air putih dan sayur mayur juga buah agar tidak mengalami sembelit. Hindari makanan yang memicu timbulnya gas, seperti kol.
Waktu yang tepat melepas infus dan selang kateter
Pemasangan kedua alat ini menimbulkan rasa tidak nyaman. Biasanya infus dan selang kateter akan dilepas setelah 12 jam, apabila konsisi alat pencernaan sudah pulih sempurna dan tidak ada komplikasi tambahan, seperti panas, pendarahan, dan sebagainya. 
Penundaaan melepas infus masih diperlukan bila pemeriksaan kadar Hb menunjukkan anemia dan perlu tranfusi pasca oprasi caesar. Pelepasan kateter dilakukan bila Anda sudah tidak menggunakan infus. Dalam waktu 6 jam setelah kateter dilepas, buang air kecil pun sudah kembali lancar. 
Aktif bergerak secara bertahap
Pasca operasi caesar, Anda disarankan untuk melakukan banyak gerakan jika dirasakan efek bius sudah berangsur hilang. Anda dapat memulai gerakan dengan memutar pergelangan kaki, melakukan pada sendi bahu dan lengan tangan saat tiduran. 
Sekitar 8 jam pasca operasi, Anda sudah mulai belajar duduk dan setelah melewati 24 jam, mulailah latihan jalan. Semakin aktif bergerak akan memprcepat pemulihan fisik pasca operasi caesar. 
Mengurangi rasa nyeri pada luka jahitan
Anda bisa melakukan teknik relaksasi dengan cara menarik nafas panjang dan menghembuskan perlahan-lahan saat nyeri timbul, misalnya saat ibu mencoba duduk dan berdiri. Selain itu, Anda juga bisa melakukan senam nifas, mulai dari latihan menggerakkan leher, kepala, bahu, lengan dan kaki. 
Tetap menyusui pasca operasi caesar
Dalam posisi tidur, Anda dapat menyusui dengan cara Anda miring ke satu sisi dengan bayi dibaringkan di dada menghadap Anda. Hisapan bayi akan merangsang kontraksi rahim dan pemulihan akan lebih cepat. 
Tetap menjaga kebersihan tubuh
Selama perawatan pasca caesar, Anda akan dibantu tenaga kesehatan untuk kebutuhan mandi dan mengganti pembalut sesering mungkin. Bila Anda sudah dibolehkan jalan, Anda bisa melakukan perawatan tubuh secara mandiri dengan catatan balutan luka operasi sudah diganti dengan balutan yang tahan air. Bersihkan dengan waslap sekitar daerah perut. Hindari ke kamar mandi sendirian bila kesehatan Anda belum pulih total.
   Umumnya, masa pemulihan luka jahitan bekas operasi memerlukan waktu sekitar satu minggu dan luka akibat operasi akan sembuh total dalam waktu enam bulan. Perawatan pasca caesar akan berlangsung cepat bila operasi berjalan dengan baik tanpa komplikasi, bahkan pada hari ke-3 setelah operasi Anda sudah dibolehkan pulang. Setelah pulang ke rumah, upayakan tubuh Anda agar tetap rileks dan hindari kegiatan berat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar